Kamis, 30 Oktober 2014

Manfaat SEO


Salah satu hal yang paling saya sukai dari SEO yaitu ketika website berhasil tembus di halaman satu Google. Order akan datang sendiri sekali pun kita tidak pernah mempromosikan lagi website tersebut.

Hari ini Private Bahasa Jepang yang sudah hampir satu tahun tidak dijalankan karena sesuatu, tiba-tiba ada yang menghubungi meminta private, dan Alhamdulillah deal. Hal ini juga beberapa kali terjadi di bisnis saya lainnya, lama tidak diurus tapi order masuk secara tak terduga.

Saya tidak tau apakah hal ini bisa juga dilakukan melalui social media, karena saya belum terlalu menguasai social media marketing. Beberapa kali mengikuti pelatihan social media marketing menuntut kita selalu aktif di social media agar terjadi komunikasi yang terus menerus dengan pelanggan atau calon pelanggan. Beberapa kali praktik yang saya alami ketika kita berhenti aktif di social media maka order pun terhenti.

Mungkin bagi Anda yang menggandrungi dunia social media, social media marketing cocok untuk Anda, bagi yang kurang menyukainya SEO bisa jadi pilihan lain. Belajar SEO gampang-gampang susah, menuntut kesabaran dan konsistensi, tidak bisa instan untuk memposisikan website di halaman satu Google apa lagi jika website masih seumur jagung.

Kebijakan Google yang terus meng-update algoritmanya membuat Anda harus lebih berhati-hati, salah-salah website bisa ditendang Google karena dianggap web spamming. Cara-cara lama seperti tanam backlink menjadi pisau bermata dua, jika kita benar dalam menerapkannya website bisa cepat naik ke halaman satu. Tetapi jika salah, website tidak akan muncul di halaman pencarian dan jika itu sudah terjadi, sulit untuk mengembalikan website ke halaman pencarian.

Bagi Anda yang sudah pernah ikut pelatihan SEO terus praktekan ilmunya jangan pernah menyerah, karena pengalaman dalam praktik akan membuat Anda semakin ahli. Akan banyak hal-hal baru yang Anda temui.  Lambat laun akan Anda dapatkan cara paling mudah mencapai halaman satu Google.

Untuk Anda yang baru mau belajar, belajar lah dari guru yang tepat, guru yang merupakan praktisi dalam dunia SEO bukan hanya pandai teori, saya pernah sekali belajar dari guru yang ternyata bukan praktisi SEO alias hanya tahu TEORInya saja, hasilnya NOL BESAR. Kunci dari belajar SEO adalah perbanyak praktik.

Semoga bermanfaat...