Kamis, 20 November 2014

Promosi


Salah satu kesalahan saya pertama kali memulai usaha adalah tiadanya biaya promosi, takut mengeluarkan biaya untuk promosi akhirnya yang terjadi usaha sepi tiada pembeli. Bagaimana mau ramai kalau tidak ada yang tau.


Promosi sama dengan memperkenalkan produk kita ke masyarakat luas, semakin banyak orang yang tau akan semakin banyak pembelian. Apalagi jika cara promosi Anda kreatif, membuat orang selalu membicarakan produk dan cara promosi Anda, semakin Laris usaha Anda.

Saat itu karena tiadanya biaya promosi praktis saya hanya mengharapkan pelanggan datang ke Toko, jangankan pelanggan lalat pun tidak ada yang datang alias sepi. Hanya satu dua orang datang itu pun karena rumah mereka tidak jauh dari toko. Sebulan berlalu malah masih ada yang bilang, saya baru tau kalau disini ada toko baju anak (efek nggak promosi).

Akhirnya karena telat menyadari kesalahan, usaha tutup dalam waktu 3 bulan, padahal tidak jauh dari situ ada Toko Baju Anak juga yang ramai pembeli setiap harinya.

Di usaha lainnya justru saya mengeluarkan Bujet lebih besar untuk promosi, kali ini saya melakukan promosi melalui media On Line. Jika dihitung-hitung biaya promosinya mencapai belasan juta, diantaranya untuk membuat Website, iklan di FB ads, Google ads dan memakai Jasa SEO pada saat itu. Hasilnya berbanding lurus dengan biaya promosi, terhitung bulan pertama sudah balik modal, selebihnya sudah tinggal meraup keuntungan.

Namun sayang kualitas produknya tidak sebagus yang saya prediksikan, akhirnya banyak orang yang kecewa dan usaha tersebut kembali tutup, namun tutup tanpa meniggalkan kerugian, tidak seperti usaha yang pertama. Kali ini cara promosinya sudah benar namun pemilihan produknya yang salah.

Dari situ saya sadar pentingnya Promosi bagi suatu usaha, apa lagi jika produk Anda tergolong baru, belum banyak orang yang tau. Percayalah semakin produk Anda terkenal, semakin banyak orang yang mencari dan semakin besar laba yang Anda dapatkan.

Beda produk beda juga cara promosinya, diawal Anda akan keluar banyak biaya untuk mencari tau cara promosi mana yang paling efektif untuk produk Anda, tapi ini semua bisa diatasi dengan lebih dulu melakukan riset, Jawablah beberapa pertanyaan berikut :

  1. Apa sebenarnya spesifik produk yang Anda jual?
  2. Siapa spesifik target pasar Anda?
  3. Dimana mereka biasa berkumpul?
  4. Kapan saat yang tepat untuk menjual produk Anda?
  5. Kenapa mereka harus membeli produk Anda?
  6. Bagaimana cara Anda menarik mereka untuk membeli produk Anda hari ini?
Jawaban yang terbaik bukanlah jawaban yang dipaksakan berdasarkan keinginan Anda, tapi berdasarkan kenyataan di lapangan. Gunakan jawaban Anda sebagai evaluasi.


Setelah Anda mendapatkan jawaban dari pertnyaan di atas, Anda akan menemukan media yang terbaik untuk mempromosikan produk Anda. Selalu lakukan tes dan ukur cara promosi mana yang paling efektif. Promosi yang efektif lanjutkan namun promosi yang hanya membuang-buang uang dan waktu Anda tanpa hasil, segera hentikan.