Minggu, 19 Oktober 2014

SEO Dasar

Apa itu SEO?

SEO adalah segala upaya dan tindakan untuk meningkatkan peringkat web Anda di halaman mesin pencari seperti google, yahoo, Bing dll.

Kenapa Web harus di halaman awal?

Web diupayakan berada di halaman awal mesin pencari bertujuan supaya orang mudah menemukan web Anda, sehingga terjadi peningkatan trafik pengunjung ke Web. Anda yang menggunakan web untuk berjualan online tentu ini akan sangat berguna untuk meningktkan penjualan Anda.

Web diibaratkan toko, bagaimana jika sebuah toko sulit ditemukan tentu tidak akan ada pengunjung, dengan tidak adanya pengunjung tentu tidak akan terjadi pembelian, begitulah kira-kira gambaran dari SEO ini.

Bagaimana caranya web bisa dihalaman awal mesin pencari?

Kita akan sedikit membahas tentang teknik SEO dasar yang berguna untuk meningkatkan posisi web pada halaman mesin pencari. Berikut adalah 3 poin penting SEO :
  1. Alamat (URL) Web
  2. Judul Web
  3. Deskripsi Web
 Ketiga poin di atas muncul langsung di halaman mesin pencari lihat gambar :


Saya mengambil contoh kata kunci "Baju Muslim", di gambar jelas terlihat terdapat kata "Baju Muslim" baik pada Judul, Alamat maupun pada Deskripsi.

Tentu masih banyak faktor-faktor lain yang diperhitungkan Google sebagai mesin pencari, diantaranya keterkaitan antara 3 faktor di atas dengan konten yang disajikan. Jika pada judul, alamat dan deskripsi web menuliskan "Baju Muslim" namun ternyata kontennya malah membahas hal lain, ini justru akan menjadi penilain buruk di mata Google.

Hal lain yang perlu diperhatikan : konten / artikel Anda harus benar-benar baru, bukan hasil jiplak atau Copy Paste dari web lain. Update artikel sesering mungkin.

Demikian sedikit share tentang SEO Dasar, semoga bermanfaat.