Selasa, 16 Desember 2014

Settingan Dasar SEO

Settingan Dasar SEO

Settingan dasar SEO sangat penting untuk menjadikan website Anda teroptimasi dengan baik, disini saya akan membahas hal-hal yang paling penting untuk optimasi internal website seperti optimasi Title, optimasi Description, optimasi URL dan instal beberapa plugin yang membantu.

Sebaiknya Anda lebih dulu membaca artikel-artikel sebelumnya tentang Belajar SEO terutama artikel tentang Cara Riset Keyword agar nantinya keyword atau kata kunci yang Anda pilih benar-benar tepat sasaran sehingga dapat meningkatkan trafik kunjungan ke website Anda.

Optimasi Title dan Meta Description


Sebelum melakukan optimasi title dan meta description sebaiknya Anda sudah menentukan kata kunci yang ingin Anda kejar. Masuklah ke dasboard wordpress Anda ketik domainanda.com/wp-admin (ganti tulisan berwarna merah dengan url situs Anda), selanjutnya tuliskan username dan password. Tidak perlu di screenshoot ya mudah ko.

Selanjutnya pilih menu Setting - General.
Dasar SEO

Klik General, tampilannya akan seperti ini :
Setting Title dan Meta Description agar SEO Friendly

Site title (judul website) gunakan kata kunci, tagline (deskripsi website) masukan juga kata kunci disana. Title dan meta description muncul di halaman pencari jadi sebaiknya selain menuliskan kata kunci tuliskan juga kata-kata promosi disana.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Panjang title maksimum 56 karakter.
  2. Panjang Meta Description maksimum 156 karakter.
  3. Harus terdapat kata kunci di keduanya.
  4. Title dan description harus menggambarkan garis besar isi website.
  5. Hindari penggunaan judul dan description yang tidak berhubungan dengan situs.
Jangan lupa klik save setelah selesai.

Optimasi URL Artikel


Anda perlu setting url agar lebih seo friendly, masuk ke menu Setting - Permalink, disini ada beberapa pilihan sebenarnya tapi saya hanya screenshoot dua diantaranya.
Setting URL agar SEO Friendly

Keduanya bisa Anda pilih baik postname maupun custom structure, jika memilih custum structure ketik disana /%postname%.html, keduanya sudah saya coba dan berhasil menaikan posisi web ke halaman utama Google. Setelah selesai jangan lupa di save.

Untuk plugin sepertinya saya akan menuliskan di artikel tersendiri, sementara ini sudah cukup untuk Settingan Dasar SEO web Anda.